Header Ads

Prinsip Pelaksanaan Pendidikan Usia Dini

Mendapat pengajaran yang baik disekolah lalu didukung kebiasaan yang baik pula saat berada dilingkungan rumah, maka anak akan lebih kreatif, mandiri dan mampu menganalisa hal yang baik dan benar karena sebelumnya pada pendidikan usia dini anak telah mendapat pembelajaran tentang cara berfikir logis dan lebih kritis.

Prinsip prinsip utama yang digunakan dalam pelaksanaan didalam pendidikan anak usia dini adalah :

  • Menerapkan sistem kemandirian – Mengembangakan sistem kemandirian dapat berupa mengembangkan kecakapan , hobi, kesukaan, bakat dan keterampilan anak melalui kebiasaannya. kondisi ini dilakukan agar anak mampu lebih mandiri, memiliki rasa tanggung jawab atas perbuatan sendiri dan mampu menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari hari.

  • Memanfaatkan media edukatif – Memanfaatkan media edukatif dari benda benda yang ada dilingkungan alam atau menggunakan alat alat yang bersifat alam yang disediakan dari piohak pendidik untuk belajar dan mengenal alam dari dekat

  • Berorientasi pada kebutuhan anak secara sistematik – Anak usia dini adalah masa masa terbaik untuk mendapatkan penngarahan dan pembinaan yang berhubungan dengan fisik dan psikis anak anak termasuk intelektual, motorik, sensorik, sosio emosional atau tata bicara.

  • Belajar sambil bermain – Bermain adalah salah satu media untuk melakukan awal pendidikan dalam bidang belajar komunikasi dan belajar beradaptasi dengan orang lain yang didalamnya mencakup cara bereksplorasi dan pengendalian benda benda sekitarnya.

  • Lingkungan yang aman – Lingkungan bermain harus dibuat dengan menarik, unik, penuh dengan pemakaian warna dan gambar yang disesuaikan usia mereka sehingga dapat tercipta rasa nyaman, rasa aman dan penuh semangat ketika anak anak sedang bersosialisasi dengan anak anak lain.

Tidak ada komentar